Friday 26 December 2014

Ya Ampun, Inilah Kandungan Gula Pada Minuman Bersoda

Hampir semua orang menyukai minuman soda, rasanya ada yang kurang jika suatu pesta atau hajatan tidak disuguhkan aneka minuman ringan yang bergemericik di mulut ini. Minuman air berkarbonasi itu memiliki kandungan kalori rata-rata 2,5 kalori per 1 ml nya. Tahukah arti angka tersebut ?


Pada label yang tertera pada kemasan aneka soft drink kita bisa melihat bahwa 1 kaleng (355 ml) minuman bersoda mengandung kalori 120 dan kandungan gula 39 gram, sedangkan untuk botol kecil (590 ml) mengandung kalori 240 dan gula 65 gram

Rasa manis pada minuman bersoda itu bukan berasal dari gula murni tebu, umumnya minuman ini menggunakan aspartam. Aspartam adalah pemanis buatan non-sakarida yang digunakan sebagai pengganti gula, dimana rasa manisnya 200 kali lebih manis dibandingan gula asli.

Aspartam juga terbukti dapat merangsang nafsu makan seseorang, meningkatkan kebutuhan akan karbohidrat, menambah kemampuan tubuh untuk menyimpan lemak, dan obesitas dengan diabetes tipe 2. Kandungan methanol pada aspartame juga dapat menghancurkan neurons sehingga dapat meningkatkan resiko pikun, tumor otak, dan kanker. Itulah bahaya minuman soda jika diminum terlalu sering.

Mau tahu pembuktiannya kandungan gula pada minuman berkarbonasi yang lebih jelas ? Simak video berikut :