Thursday 18 December 2014

Daftar Obat Sakit Gigi Berlubang

Kita semua tahu bagaimana rasanya sakit gigi ? Ngilu, keringat dingin, pusing adalah gejala yang disebabkan oleh sakit gigi. Obat sakit gigi berguna untuk meredakan rasa sakit yang ditimbulkan karena syaraf terstimulasi akibat proses karies (sakit gigi berlubang) atau infeksi. Berikut adalah obat sakit gigi berlubang yang dijual di pasaran :

1. Obat sakit gigi jenis Analgetik Nonsteroidal anti-inflammatory drugs (NSAID) 
Obat sakit gigi ini dapat kita temui seperti aspirin atau ibuprofen. Obat sakit gigi berlubang di apotik ini tanpa perlu resep dokter. Obat gigi berlubang jenis ini cukup efektif untuk sakit gigi berlubang dengan intesitas ringan-sedang.

2. Obat sakit gigi jenis Analgetik 
Obat sakit gigi ini dapat kita temui seperti metampiron (antalgin), Diclofenac (cataflam), asam mefenamat, naproxen sodium, dan sebagainya. Obat sakit gigi ini diperuntukan untuk sakit gigi yang berat atau yang tidak mempan dengan obat gigi berlubang jenis analgetik nonstetoidal. Karena bersifat keras, mengkonsumsi obat ini HARUS disertai resep dokter untuk meredakan sakit gigi berlubang.

3. Obat sakit gigi oles 
Obat sakit gigi yang berbentuk gel atau cairan yang dapat dioleskan langsung pada gigi yang sakit atau gigi berlubang. Obat gigi berlubang ini dapat kita temui seperti dentasol, obat sakit gigi berlubang di apotik ini tanpa perlu resep dokter. Dentasol mengandung benzokain yang berfungsi meredakan nyeri dengan cara mematikan saraf sementara (efek bius) selama beberapa jam.

4. Kompres air dingin
Setelah meminum obat sakit gigi, kompres dingin di daerah pipi yang terdapat gigi kita yang sakit. Kompres air dingin dapat menggunakan handuk yang dicelupkan ke air es atau menggunakan es batu yang dibungkus plastik. Suhu dingin akan membantu meringankan rasa sakit.

Obat sakit gigi sebenarnya hanya meringankan rasa sakit ngilu yang ditimbulkan oleh gigi yang berlubang. sehingga untuk menghilangkan rasa sakit secara permanen dengan mengunjungi dokter gigi.