Friday 19 December 2014

Ternyata Perempuan Lebih Panjang Umur Dibandingkan Laki-laki



Pernah mendengar bahwa di dunia jumlah wanita lebih banyak dibandingkan jumlah pria ? Mungkin hal itu disebabkan bahwa perempuan cenderung lebih panjang umur dibandingan laki-laki, sebuah penelitian dilakukan oleh Centers for  Disease Control and Prevention mengungkapkan 5 alasan kenapa wanita cenderung berumur lebih panjang disbanding laki-laki :
1. Perempuan lebih tangguh di dalam rahim
Ketika di dalam rahim calon bayi laki-laki lebih cenderung lebih tinggi meninggal sebelum dilahirkan dibandingkan calon bayi perempuan. Calon bayi laki-laki cenderung menyerah terhadap infeksi  atau penyebab yang lain dalam kandungan. Jika kelahiran dilakukan secara premature, bayi laki-laki lebih lambat dalam daya kembang psikologis daripada bayi perempuan, Bayi laki-laki juga beresiko meninggal jika dilahirkan prematur karena tidak berkembangnya paru-paru atau otak.

2. Wanita kurang pemberani
Wanita cenderung memiliki sifat kurang pemberani dibandingkan pria dalam mengambil suatu resiko, sehingga beberapa resiko seperti cedera, memar, lebam, hingga tewas saat mengambil tindakan.

3. Wanita terserang penyakit jantung pada usia yang lebih tua
Resiko terjangkitnya penyakit jantung pada pria umumnya ketika mereka berumur 30 dan 40, sedangkan wanita terkena penyakit jantung umumnya saat mereka berumur 40 dan 50 tahun. Wanita terlindungi dari penyakit jantung sampai usia menopose, karena tubuh wanita menghasilkan estrogen yang membuat arteri tetap kuat dan fleksibel

4. Wanita memiliki jaringan sosial lebih kuat
Pertemanan  yang baik merupakan salah satu obat kesehatan alami. Koneksi sosial yang baik memiliki kesempatan 50 % lebih rendah untuk meninggal dibanding mereka yang hanya memiliki sedikit teman. Pria memiliki kehidupan social yang kurang baik dibanding wanita karena kebanyakan pria cenderung untuk menahan stres mereka sendiri, sementara wanita cenderung untuk berbicara dengan yang lain jika mengalami stress (curhat)

5. Wanita lebih peduli kesehatan
Dalam hal konsultasi kesehatan ternyata pria memiliki persentase 24 % lebih rendah dibanding wanita dalam satu tahun terakhir. Dan tercatat bahwa 1 dari 5 pria tidak memiliki asuransi kesehatan.