Friday 12 December 2014

Makanan Penurun Kolesterol

Cara menurunkan kolesterol banyak caranya, salah satunya mengetahui jenis-jenis makanan penurun kolesterol untuk terhindar dari penyakit kolesterol. Kolesterol itu berhubungan erat dengan makanan apa yang kita makan. Pola makan sehat merupakan faktor utama untuk menghindari kita dari bahaya kolesterol.
Kolesterol dibagi menjadi 2, dari kedua itu hanya kolestrol yang termasuk kategori LDL (Low-density lipoprotein) atau kolesterol jahat saja yang berakibat buruk bagi tubuh kita, sedangkan jenis kolestrol kategori HDL (High-density lipoprotein) merupakan kolestrol baik yang berfungsi melarutkan kolestrol jahat dalam tubuh. Batas normal kolesterol dalam tubuh manusia adalah 160-200 mg.

1. Oatmeal dan makanan berserat tinggi
Oatmeal dan makanan yang berserat tinggi dapat menurunkan penyerapan kolesterol jahat ke dalam peredaran darah. Konsumsilah minimal 5-10 gram serat seharisebagai obat penurun kolesterol. Untuk terhindar dari penyakit kolesterol cari serat dengan memakan buah-buahan seperti apel, pir dan buah prune.

2. Ikan dan asam lemak omega 3
Mengkonsumsi ikan yang kaya akan asam lemak omega 3 seperti ikan sarden, salmon atau tuna dapat menurunkan tekanan darah dan risiko penimbunan plak. Dimana timbunan plak dapat menyebabkan serangan jantung, stroke dan kematian. Konsumsilah minimal 2 porsi ikan dengan cara direbus atau dipanggang dalam satu minggu untuk menurunkan gejala kolesterol tinggi.

3. Kacangan-kacangan
Kacang walnut, almond, atau kacang kedelai tinggi akan asam lemak tak jenuh. Asam lemak tak jenuh dapat membantu menurunkan kadar kolesterol darah dan menjaga pembuluh darah tetap sehat. Konsumsilah segenggam kacang almond, hazelnut, pistachio, walnut, kedelai (42 gram/hari). Pastikan kacang yang kita makan tidak dibumbui dengan garam atau gula. Tawar saja

4. Minyak zaitun
Minyak zaitun kaya akan antioksidan. Antioksidan berfungsi menurunkan kolesterol LDL dan menaikkan kolesterol HDL. Konsumsilah minyak zaitun max 2 sendok makan (23 gram) per hari dan untuk memaksimalkan efeknya, minyak zaitun yang dikonsumsi adalah jenis minyak zaitu extra virgin olive oil. Minyak zaitu ini memiliki kandungan antioksidan lebih tinggi dibanding minyak zaitun lainnya.

5. Air kelapa
Kelapa merupakan buah penurun kolesterol dimana air kelapa mempunyai efek dalam pengobatan kolesterol. Air kelapa membantu penurunan jumlah kadar LDL (kolestrol jahat) dan peningkatan kadar HDL (kolestrol baik). Konsumsilah air kelapa setiap hari untuk obat tradisional darah tinggi dan obat tradisional kolesterol tinggi