Wednesday 10 December 2014

Cara Sehat, Alami dan Mudah untuk Mengatasi Nyeri Haid

Nyeri haid biasanya membuat suasana hati wanita menjadi tidak karuan dan cenderung menjadi lebih sensitif tentang semua hal yang terjadi pada dirinya. Banyak obat atau minuman herbal yang mampu menghilangkan rasa nyeri saat menstruasi. Namun beberapa wanita tidak menyukai mengkonsumsi obat atau minuman herbal untuk menghilangkan nyeri haid dengan berbagai alasan. Namun ternyata banyak cara sehat, alami, dan pastinya mudah dilakukan untuk mengatasi nyeri haid. Berikut ulasannya

1. Berbaringlah
Baringkan tubuh kamu dengan memposisikan kaki sedikit diangkat dengan mengganjalnya dengan bantal. Jika posisi tersebut masih terasa sakit cobalah berbaring dengan posisi miring dengan lutut ditekuk. 

2. Dengarkanlah musik yang lembut
Hindari sementara hal-hal yang menimbulkan pikiran kamu, rilekskan pikiranmu. Dengarkan musik yang lembut namun bukan berarti mendengarkan musik galau yang membuat beban pikiran. Dengarkanlah musik yang lembut itu dapat membantu menenangkan suasana hati sehingga menurunkan tekanan darah dan nyeri pada perut kamu.

3. Peminjatan
Oleskan minyak telon atau lotion krim pada daerah di bawah perut. Pinjatlah daerah di bawah perut itu dengan pijatan ringan menggunakan ujung-ujung jari kamu dengan gerakan memutar searah jarum jam, pijatlah secara pelan-pelan dengan tenaga secukupnya.

4. Mandi dengan air hangat
Mandi air hangat dapat membuat otot-otot menjadi kendur, menghilangkan stress dan merilekskan tubuh dan pikiran kamu. Mandi air hangat juga membuat tidur menjadi lebih nyenyak

5. Makanlah cemilan
Makanlah cemilan yang sehat seperti buah-buahan ataupun cemilan dengan kandungan gizi yang bagus dengan porsi kecil namun sering. Hindarilah makanan yang berlemak, minuman soda, makanan tinggi kalori, makanan bergula tinggi, dan berbahan pengawet.

6. Minum minuman yang hangat 
Minuman hangat yang dianjurkan untuk meredakan nyeri haid adalah air putih hangat, wedang jahe hangat, STMJ (susu-telor-madu-jahe), bandrek, dan lain-lain. Hindari kopi, teh, atau minuman yang berkafein dan bergula tinggi, karena akan  memperparah rasa nyeri, selain itu minuman tersebut dapat menyebabkan kesulitan untuk tidur.

7.  Kompres hangat dan dingin
Pertama lakukan kompres hangat. Rasa hangat yang dihasilkan dapat membantu melebarkan pembuluh darah sehingga membuat otot tubuh menjadi rileks dan mengurangi rasa nyeri. Siapkan air hangat, lalu celupkan handuk ke dalam air hangat, setelah diperas kemudian tempelkan handuk ke bagian tubuh yang nyeri. Lakukanlah pemijatan ringan di daerah bagian bawah perut untuk hasil maksimal. 

Setelah melakukan kompres air hangat beberapa kali. Kemudian lakukan kompres air dingin. Tempelkan handuk yang sudah dicelupkan ke dalam air dingin sebelumnya ke daerah yang nyeri. jika dinginnya mulai menghilang, celupkan kembali handuk itu ke dalam air dingin lalu peras. Lakukan berulang hingga tak lebih dari 30 menit. Rasa dingin akan membuat pembuluh darah menguncup, menurunkan metabolik, mengontrol perdarahan dan pembengkakan karena trauma, mengurangi nyeri, dan menurunkan aktivitas ujung saraf pada otot.