Wednesday 10 December 2014

Ingin Selalu Bahagia ? Mudah, Berhentilah Menyalahkan Orang Lain

Kenapa aku sampai sekarang tidak bahagia ? Ini pasti gara-gara kedua orang tuaku dan teman-temanku yang tak mendukungku, dunia ini kejam ! Mungkin situasi ini sedangkan kamu alami sekarang ? Manusiawi jika secara tak sadar pikiran atau ucapan dari kita menyalahkan orang lain atas kejadian tak menyenangkan yang terjadi pada diri kita. Kebiasaan ini jika diteruskan akan berdampak buruk terhadap diri Anda sendiri.

Meskipun pada suatu ketika secara jelas orang lain punya kontribusi terhadap masalah yang kita hadapi, tetapi sebenarnya kita sendirilah yang bertanggungjawab atas kebahagiaan kita sendiri. Bukan keadaan yang membuat seseorang bahagia, tetapi keadaan tersebut yang mengajak kita untuk menentukan pilihan : mau bahagia atau tidak ?

Sebagai pembuktian, coba kamu perhatikan apa yang terjadi saat kamu berhenti menyalahkan orang lain untuk segala hal dalam hidup Anda. Tapi bukan berarti kamu tidak meminta pertanggungjawaban orang lain atas tindakan mereka yang terang-terangan merugikan kamu. Tetapi ini demi tanggungjawab Anda pribadi terhadap kebahagiaan Anda sendiri. Misalnya, ketika rumah kotor dan berantakan oleh teman-teman Anda ataupun anak-anak Anda. Ketika yang seharusnya membersihkannya tidak berada disitu, daripada ngomel-ngomel sendiri, lebih baik bersihkan saja langsung tanpa merasa sakit hati dan mengomel.

Atau kasus lain ketika gaji kamu selalu habis tiap bulan, cari tahu bagaimana kamu dapat mengurangi penggunaan uang tanpa menyalahkan istri,suami, atau pasangan kamu yang menghabiskan untuk suatu keperluan. Yang paling penting, ketika kamu tidak bahagia, ingatkan pada diri kamu sendiri, bahwa hanya kamu sendirilah yang bisa membuat kamu bahagia.

Menyalahkan orang lain akan mengambil energi mental kamu dalam jumlah yang besar. Ini semacam mind-set "drag-me-down" yang menyeret kamu ke arah stress dan penyakit. Menyalahkan orang lain berarti kebahagiaanmu bertumpu pada action dan perilaku orang lain atau keadaan alam semesta yang tidak bisa kamu kontrol. Saat kamu berhenti menyalahkan orang lain atau alam semesta, kamu akan mendapatkan kembali kekuatan pribadi. Kamu akan melihat bahwa kamulah sang pembuat pilihan tersebut. Kamu akan tahu bahwa ketika kamu merasa sedih, kamu yang punya peran besar untuk menciptakan perasaan kamu, apakah terus berlarut dalam kesedihan atau segera move-on mencari jalan keluar. Artinya, kamu sendiri punya peran kunci untuk menciptakan perasaan baru, yang lebih positif. Kehidupan adalah tantangan besar yang menyenangkan dan akan lebih mudah untuk dikelola ketika kamu berhenti menyalahkan orang lain. Ingat kamu adalah kamu, tanggung jawab kehidupanmu ada di tanganmu.