Wednesday 10 December 2014

Tujuan Hidup Seseorang Mempengaruhi Panjangnya Usia



Jika bicara tujuan hidup manusia maka muncul pertanyaan  : Apa impianmu ? Apa cita-citamu ? Pertanyaan yang sering kita dengar sewaktu masih kecil. Apa impian dan cita-cita kamu sudah tercapai sekarang ? Jawabannya pun bisa bermacam-macam, karena pengaruh kehidupan sosial dan lingkungan akan membuat impian dan cita-cita seseorang suka berubah-ubah. Dan ternyata memiliki impian itu dapat memperpanjang usia beberapa tahun lebih lama jika dibandingkan dengan orang yang tidak memiliki tujuan hidup.
Dalam jurnal Psychological Science, sebuah penelitian terhadap sekitar 6.000 orang dengan topik "Apakah mereka memiliki mimpi atau tujuan besar dalam hidup ?". Didapat hasil bahwa orang yang memiliki impian besar dan tujuan hidup memiliki rasio 15% lebih rendah untuk meninggal selama 14 tahun penelitian.

Penelitian tersebut juga mengungkap bahwa seseorang yang memiliki impian dan tujuan hidup tak hanya berpengaruh terhadap kesehatan dan resiko kematian partisipan yang berusia masih remaja, melainkan juga pada partisipan yang sudah dewasa. Peneliti kemudian menyimpulkan bahwa impian dan tujuan hidup sangat penting dimiliki sebagai motivasi dan kehidupan yang lebih baik. Ketika seseorang memiliki impian dan hal yang dia cintai, mereka akan selalu merasa  berpikiran positif. Pikiran positif memicu zat kimia yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menurunkan hormon stress.

Lalu bagaimana cara kita menemukan impian kita yang masih kabur atau belum jelas ? Coba pikirkan dan bayangkan hal-hal apa yang kamu cintai, seperti hobi atau pekerjaan impian. Misalnya hobi kamu adalah melukis, maka sempatkan diri untuk melukis beberapa kali dalam seminggu. Hal ini tak hanya memberikan dampak positif terhadap kamu secara psikologis, melainkan juga secara fisik dan bisa meningkatkan kemungkinan untuk berusia panjang.  Tentunya mudah dilakukan kan ?