Sunday 7 December 2014

Cara Mudah dan Sehat Menaikkan Berat Badan

Semua orang pasti punya impian memiliki badan ideal. Badan ideal dipercaya membuat seseorang lebih percaya diri. Yang bertubuh tambun ingin kurus, sedangkan yang kurus ingin "berisi". Lalu bagaimanakah cara mudah dan sehat (tanpa obat-obatan ataupun efek samping) untuk memperoleh tubuh "berisi" tersebut ?

1. Makan lebih banyak dengan cara yang benar
Makanlah secara teratur 3 kali sehari dengan gizi seimbang (karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral), dengan porsi lebih banyak dari biasanya. Serta ditambah 2 kali makanan kecil (biskuit yang mengandung keju dan susu, minuman yogurt, jus buah). Tingkatkan asupan protein dan karbohidrat seperti roti, nasi, umbi-umbian, ikan, daging, tempe, tahu untuk meningkatkan berat badan kita.

2. Saat mengunyah, kunyahlah sampai halus
Saat mengunyah dengan intensitas jumlah kunyahan yang banyak akan menghasilkan air liur. Air liur akan memecah partikel makanan dan melembutkannya. Hal ini membuat makanan mudah untuk masuk ke sistem pencernaan. Enzim alpha amilase dan enzim lingual lipase dalam air liur membantu memecah karbohidrat dan lemak menjadi asam lemak, maltosa, dan glukosa

3. Olahraga 
Olahraga dipercaya menurunkan berat badan, namun untuk meningkatkan berat badan lakukanlah olahraga yang tidak terlalu berat. Beberapa jam setelah olahraga biasanya akan terasa lapar sehingga meningkatkan nafsu makan. Jalan kaki selama 30 menit secara teratur sudah cukup untuk menjaga keseimbangan tubuh.

4. Jangan begadang
Kekurangan jumlah jam tidur dapat menyebabkan gejala depresi yang membuat tubuh kehilangan nafsu makan. 

5. Perbanyak minum air putih
Memperbanyak minum air putih dan biasakan minum air putih di pagi hari. Semakin banyak maka tubuh kita akan lebih sehat dan dapat menyerap gizi makanan lebih sempurna. Namun hindari minum air (air putih, teh, kopi dan lain-lain) sebelum atau saat sedang makan, karena akan membuat perut terasa kenyang duluan sehingga porsi makan kita pun menjadi berkurang.

6. Cek label pada kemasan makanan
Ceklah label makanan yang kita konsumsi, untuk mengetahui jumlah kalori dan kandungan nutrisi pada produk makanan yang kita beli tersebut. Belilah dan konsumsilah makanan tersebut jika memiliki nilai kalori yang tinggi. 

Itulah beberapa cara untuk menaikkan berat badan secara sehat dan tanpa resiko. Lakukanlah hal tersebut secara rutin agar mendapat hasil yang maksimal