Monday 15 December 2014

Gejala Kolesterol Tinggi

Sehatkan pola hidup kita ? Apakah kita sering mengkonsumsi makanan lemak atau gorengan dan jarang berolah raga ? Hati-hati gejala kolesterol tinggi ! Kolesterol tinggi terutama kolesterol "jahat" dapat menyebabkan berbagai komplikasi penyakit yang berisiko menyebabkan kematian seperti penyakit jantung, darah tinggi, diabetes dan penyakit stroke
Berikut beberapa gejala kolesterol jika kita memiliki kadar melebihi kadar normal (200 mg/dl) bahkan melebihi 240 mg/dl

1. Sakit pada bagian perut bagian kanan atas
Rasa sakit yang luar biasa terjadi perut bagian kanan atas, bahkan bisa menjalar ke pundak dan biasanya dirasakan setelah makan makanan yang berlemak ini merupakan akibat dari batu empedu, jika kolesterol terlalu menumpuk di kantung empedu maka akan terjadi proses saturasi dan pembentukan batu di dalam kandung empedu, batu empedu dapat menyumbat saluran cairan empedu, sehingga terjadi rasa nyeri yang hebat pada bagian itu.

2. Sering kesemutan
Sering kesemutan di tangan dan kaki disebabkan tidak lancarnya aliran darah yang mengarah ke bagian tangan dan kaki. Salah satu penyebab aliran darah tersebut adalah akibat kolesterol tinggi dalam darah yang membuat aliran darah menjadi mengental.

3. Dada sebelah kiri terasa nyeri
Kolesterol ldl "jahat" erat hubungannya dengan penyakit jantung. Fungsi pembuluh darah yang tersumbat menyebabkan kita merasakan nyeri seperti ditusuk-tusuk dibagian dada sebelah kiri, nyeri bisa menjalar hingga ke bagian leher.

4. Sering pusing di bagian belakang kepala
Kolesterol ldl "jahat" dapat menyebabkan penyumbatan aliran darah yang mengarah ke bagian kepala. Terganggunya fungsi pembuluh darah ini menimbulkan efek seperti penyakit sakit kepala (pusing) di bagian belakang, daerah bagian tengkuk dan pundak terasa pegal. Jika terus dibiarkan tanpa adanya konsultasi ke dokter maka dapat meningkatkan gejala penyakit stroke akibat pecahnya pembuluh darah

Jika salah satu atau beberapa gejala kolesterol ini kita rasakan, tentu bijak jika kita langsung memeriksakan diri kita ke dokter spesialis. Dokter dapat memeriksa kita untuk mendapatkan tanda objektif untuk gejala kolesterol tinggi seperti pemeriksaan trigliserida, HDL, LDL, serta kolesterol total.