Tuesday 16 December 2014

Diet Mayo



Diet mayo adalah diet yang diciptakan oleh ahli kesehatan Mayo Clinic. Mayo diet adalah metode sehat penurunan berat badan yang berfokus untuk makan makanan tanpa garam sama sekali, tidak boleh minum air es dan harus minum minimal 2 liter air sehari dalam waktu 13 hari, metode ini dikenal sebagai diet mayo 13 hari. Banyak orang yang memiliki pengalaman diet mayo mengungkapkan berhasil menurunkan berat badan dari 2-5 kg dalam waktu 13 hari saja.
Manfaat diet mayo selain untuk menurunkan berat badan dan memperkecil resiko obesitas ternyata diet mayo berfungsi dapat mengurangi resiko terkena tekanan darah tinggi (hipertensi), penyakit jantung, diabetes dan sleep apnea.

Dasar mayo diet berfokus pada jumlah makanan sehat yang mengandung sedikit kalori. Diet yang membuat menu makanan menjadi tak sembarang seperti yang dulu, pengalaman diet mayo begitu berbekas dimana tantangannya adalah makanan yang terasa hambar karena tidak ada garam, gula, bahkan msg. Berikut ini adalah menu diet mayo 13 hari :

Menu diet mayo dengan target max 1.200 kalori per hari :

- Sarapan

Menu 1 : 1 cangkir yoghurt bebas lemak dicampur dengan 1 porsi aneka buah dalam mangkok

Menu 2 : 2 lembar roti bakar tanpa bumbu atau selai, lalu minum 1 botol kecil yoghurt

- Makan siang 

Menu 1 : 1 porsi tuna tanpa bumbu apapun, ditambah sayur mayor untuk salad seperti wortel, daun slada, tomat, timun, paprika, apel. Untuk sedikit rasa bias ditambahkan 4 sendok makan mayonnaise atau perasan jeruk lemon
Menu 2 : 2 telur rebus tanpa bumbu potong-potong lalu campurkan dengan salad (wortel, daun slada, tomat, timun, paprika)

- Makan malam.
Menu 1 : ayam kukus atau bistik kukus tanpa bumbu dicampurkan ke dalam sayuran selada yang ditaburi jeruk citrun
Menu 2 : 1 mangkok daging pepaya yang dipotong yang ditambah perasan jeruk lemon. Minum juga 1 botol kecil yoghurt

- Snack atau cemilan 
berupa 1 apel kecil yang diiris.

Resep diet mayo dapat dijalankan tanpa rasa bosan adalah memvariasikan menu misalkan hari pertama jalankan sarapan menu 1, makan siang menu 1, makan malam menu 2, hari kedua sarapan menu 2, makan siang menu 2, makan malam menu 1, dan lain-lain.

Namun perlu diingat terlalu makan banyak buah-buahan dapat meningkatkan gula darah atau lemak darah tertentu dalam waktu sementara. Jadi jika kita memiliki diabetes atau kondisi kesehatan lain atau masalah yang berhubungan dengan gula darah atau lemak darah, bijaklah dengan berkonsultasi dengan dokter spesialis gizi terlebih dahulu sebelum memulai diet mayo.