Sunday 7 December 2014

Kebiasaan Buruk Yang Dapat Merusak Mata

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Pepatah bijak ini harus diterapkan dalam menjaga kesehatan mata kita dan sungguh bijak jika kita mengetahui hal-hal apa saja kebiasaan yang dapat merusak mata, karena semakin tua usia kita, maka semakin lemah kinerja indera penglihatan kita. Untuk itu ketahuilah dan hentikan kebiasaan-kebiasaan ini segera agar tak menyesal di kemudian hari.
Masalah kesehatan mata tak hanya soal mata minus atau plus saja, ada banyak penyakit mata yang siap menyerang kita disaat menginjak usia 40 tahun seperti katarak, glukoma, dan mata kering. Penyakit mata tersebut bisa datang dari kebiasaan buruk kita seperti :

1. Mengucek mata
Kebiasaan ini sering dilakukan di saat mata gatal. Mengucek mata dapat merusak lapisan kornea dan menyebabkan peredaran pembuluh darah di mata terganggu. Selain itu kebiasaan mengucek mata juga dapat menyebabkan timbulnya kerutan halus di sekitar mata. Gunakan obat tetes mata bila mata gatal untuk membilas kotoran yang menempel.

2. Membaca sambil tiduran
Kebiasaan membaca sambil tiduran membuat jarak baca ideal buku ke mata sulit untuk diatur. Akibatnya mata jadi lelah dan pegal. Jika hal ini sering dilakukan, maka dapat berujung pada kerusakan mata.

3. Membaca dengan penerangan yang buruk
Kebiasaan membaca di tempat gelap atau remang-remang akan memaksa kemampuan lensa mata untuk menebal dan menipis. Pupil pun dipaksa berdilatasi yang akan membuat mata menjadi cepat lelah. Jika terus dilakukan maka akan menimbulkan kerusakan pada mata. Begitu pun sebaliknya, membaca dalam keadaan sangat terang juga tidak baik, karena dapat menyilaukan mata.

4. Melihat layar komputer terlalu lama
Monitor komputer atau laptop itu memancarkan radiasi yang berbahaya bagi mata. Melihat monitor yang terlalu lama dapat mengurangi frekuensi berkedip yang dapat menyebabkan mata kering. Hal ini membuat mata kelelahan dan menyebabkan gangguan atau penyakit mata lainnya.

5.  Merokok
Merokok dapat membuat peredaran darah yang mengandung oksigen dan nutrisi jadi terganggu. Kebiasaan merokok meningkatkan resiko katarak dan penyakit retina

6.  Perawatan lensa kontak yang kurang bersih
Menggunakan kontak lensa namun tidak merawatnya dengan benar, bisa menyebabkan iritasi pada mata. Sebelum menggunakan atau merawat lensa kontak, cucilah dan keringkan tangan kita terlebih dahulu. Sebelum tidur lepaslah lensa kontak kita karena dapat meningkatkan risiko terjadinya infeksi mata.

7. Menyipitkan mata
Kebiasaan menyipitkan mata karena pancaran sinar matahari bisa mengacaukan kerja bola mata. Hal ini bisa menambah kerja lensa mata kita sehingga membuat mata kita menjadi lelah