Thursday 11 December 2014

Wajib Tahu, Aktivitas Yang Tanpa Disadari Dapat Merusak Kulit

Setiap orang terutama wanita menginginkan kulit yang sehat terlihat mulus, kencang, dan bersih. Dengan melakukan perawatan seperti memberikan olesan lotion, minum obat-obatan, atau pergi ke salon kecantikan tidaklah cukup untuk menjaga kecantikan kulit. Kita wajib tahu ternyata tanpa kita sadari banyak aktivitas yang sering kita lakukan yang dapat merusak kulit, untuk itu kita harus mengetahui aktivitas apa yang harus kita batasi dan kita hindari, simak ulasan berikut
1. Merokok
Merokok menjadi salah satu penyebab utama penuaan dini pada kulit. Hal ini disebabkan kandungan racun dalam rokok dapat merusak sel kulit, sehingga menyebabkan garis-garis halus dan kerutan. Makanya kita sering melihat seseorang yang rajin merokok memiliki wajah yang tampak lebih tua jika dibandingkan umurnya. Merokok juga membuat kulit kusam, bau, kulit kering, dan menghambat proses penyembuhan luka jaringan serta kulit.

2. Terlalu lama berada di bawah sinar matahari
Seseorang yang sering beraktivitas di bawah sinar matahari dalam jangka waktu yang lama tanpa pelindung (topi atau baju lengan panjang) akan terlihat kulitnya lebih keriput, kulitnya juga dipenuhi dengan flek atau noda hitam dan berisiko terkena kanker kulit. Jadi jangalah terlalu lama berada di bawah sinar matahari, gunakanlah tabir surya yang mengandung SPF 30 atau lebih pada pagi dan siang hari. Disarankan dipakai 30 menit sebelum keluar ruangan dan diulang setiap 2 jam. Jika kamu punya kebiasaan berjemur di pagi hari untuk meningkatkan kesehatan, maka batasilah aktivitas itu selama 15  - 20 menit saja.

3. Sering melakukan tanning spa
Tunning spa adalah salah satu produk kecantikan yang bertujuan untuk menggelapkan kulit secara merata dengan menggunakan sinar matahari buatan bernama tanning bed. Tanning bed yang sering dijumpai di salon atau tempat perawatan tubuh ternyata memamparkan radiasi sinar ultra violet. Ini dapat menyebabkan kulit lebih cepat menua, keriput, risiko melanoma (kanker kulit yang berbahaya) jika terlalu sering menggunakannya.

4. Terlalu sering menggunakan sabun wajah yang mengandung scrub
Mencuci wajah dengan menggunakan sabun wajah yang mengandung scrub atau eksfoliasi dapat menghilangkan sel-sel kulit mati dan membersihkan kotoran yang menyumbat pori-pori. Namun, perawatan ini hanya boleh dilakukan max seminggu sekali. Jangan pernah mencuci wajah dengan sabun wajah yang mengandung scrub saat kulit berjerawat, karena dapat mengiritasi kulit dan membuat jerawat semakin meradang.    

5. Memencet jerawat
Janganlah memencet jerawat kamu sekalipun kamu merasa sangat gemas. Sebaiknya kamu oleskan obat jerawat yang mengandung bahan benzoyl peroxide atau salicylic acid.

6. Makan berlebihan
Jagalah pola makan agar terhindar dari risiko kegemukan atau obesitas. Ketika tubuh mengalami kegemukan, kulit akan tertarik menyesuaikan bentuk tubuh, sehingga jika kamu kembali kurus maka elatis kulit menghilang sehingga kulit pun kendor dan menggelambir

7. Begadang
Begadang yang tidak ada artinya akan menyebabkan terbentuknya mata panda, wajah terlihat kusam dan lesu. Displinlah dengan jam tidur, karena saat tidur, energi akan mengalir ke seluruh tubuh untuk proses peremajaan sel.

8. Berfikir negatif yang menyebabkan stress
Ketika kamu stres, cenderung malas untuk beraktivitas dan mengabaikan kesehatan kulitnya sendiri. Stress yang berkelanjutan dan tak tertangani dapat memicu psoriasis, rosacea dan jerawat. Kondisi tidak sehatnya pikiran juga dapat menurunkan kemampuan kulit untuk melawan infeksi dan iritasi.

Itulah beberapa kebiasaan kita yang tak disadari mampu memberikan dampak yang kurang baik. Untuk itu setelah membaca artikel tentang kebiasaan kita yang dapat merusak kulit dapat kita praktekan dan menjadi kebiasaan baru yang menyehatkan.