Monday 22 December 2014

Penyebab Susah Hamil ? Mungkin Karena Terlalu Lama di Gym



"Terus-terus, aku belum merasa kurus". Sebagaian wanita mungkin melakukan olahraga di gym secara giat untuk mendapatkan tubuh ideal. Namun ternyata terlalu lama di gym atau melakukan aktivitas olahraga bisa menjadi penyebab susah hamil.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Universitas Norwegian melakukan survey kepada 3000 orang wanita. Para wanita diminta untuk menulis frekuensi, durasi, dan intensitas aktivitas fitness selama 2 tahun. Lalu setelah itu mereka kemudian ditanyakan mengenai kehamilan mereka.

Di antara semua 3000 wanita tersebut dibagi menjadi 2 gup yang mengalami gangguan kesuburan paling tinggi. 2 grup tersebut adalah wanita yang berlatih terus setiap hari dan mereka yang berlatih hingga mereka benar-benar lelah.

Wanita yang terlalu keras dalam berolahraga akan meningkatkan resiko kemungkinan mengalami gangguan kesuburan hingga 3 kali lipat. Dan didapatkan data bahwa wanita berusia di bawah 30 tahun yang berlatih terlalu keras, 25% dari mereka tidak memiliki anak setelah 1 tahun pernikahan mereka, sedangkan yang “biasa-biasa” saja memiliki persentase sebesar 7% saja.

Namun hal ini bukanlah sesuatu yang permanen, wanita tersebut akan memiliki anak di tahun-tahun berikutnya jika menurunkan intensitas aktivitas olahraga mereka.

Ketua penelitan tersebut pun menyarankan bahwa wanita yang ingin memiliki anak harus mengatur aktivitas fitness atau olahraga berat mereka agar jangan terlalu keras, namun jangan sampai meninggalkan aktivitas sama sekali. Aktivitas olahraga atau fitness intensitas sedang adalah nilai ideal untuk meningkatkan kesuburan wanita dengan takaran max 4 kali seminggu selama 1 jam dan minimal 2 kali seminggu selama 1 jam.