Wednesday 17 December 2014

Hindari Makanan dan Minuman Ini Untuk Mencegah Penuaan Dini



Pernah kita bertemu teman seumuran kita setelah sekian lama tak betemu dan ketika melihat mereka ada yang wajahnya terlihat jauh lebih tua ? Mungkin ia memiliki pola hidup yang kurang sehat sehingga mukanya boros, beberapa penyebab penuaan dini seperti depresi, merokok, narkoba, atau terlalu banyak mengkonsumsi makanan  atau minum yang ternyata bisa menjadi penyebab penuaan diri.

Kulit manusia mengandung kolagen. Kolagen berfungsi sebagai penyokong kulit, 80% berat kulit kita terdiri dari kolagen. Kolagen pada kulit akan bekerjasama dengan protein elastin, kerjasama tersebut akan berguna untuk membuat kulit lebih elastis. Untuk itu hindari makanan atau minuman ini sebagai cara mencegah penuaan dini :

1. Gula 
Gula pada makanan atau minuman dapat menyebabkan penuaan diri, gula tersebut akan mengikatkan diri dengan kolagen yang membuat kulit menjadi semakin tidak lentur akan akan memicu timbulnya keriput.Mengkonsumsi gula berlebih kita akan 2x lebih mudah kehilangan koleagen.

2. Minyak goreng atau mentega
Minyak goreng dan mentega mengandung lemak trans atau dikenal dengan lemak tak jenuh. Lemak tak jenuh dapat membuat kulit menjadi kaku dan tidak lentur, dan menyumbat pembuluh darah sehingga kulit semakin terlihat tua.

3. Garam
Terlalu banyak mengkonsumsi garam dapat membuat terlihat kulit pucat dan kehilangan kolagen pada kulit akibat dehidrasi. Normalnya tubuh manusia sebenarnya hanya membutuhkan kurang dari 7gr garam dapur sehar. Jadi hindari atau minimalkan jumlah garam pada makanan kita sekarang juga

4. Alkohol
Terlalu sering mengkonsumsi alkohol terlalu banyak dapat membuat kulit kehilangan kolagen, kulit keriput, kulit kemerahan, dan wajah terlihat sembab

5. Minuman Bersoda
Minuman bersoda yang sering kita temui mengandung gula yang tinggi. Gula yang tinggi menyebabkan dehidrasi, sehingga ketika meminum minuman bersoda kita tetap atau lebih merasa haus. Terlalu banyak minum minuman bersoda dapat tubuh terlihat lelah, kehilangan banyak kolagen dan penumpukan lemak pada tubuh.

Mencegah penuaan dini didapat dari pola hidup yang sehat dan banyak berolahraga sehingga kulit terlihat lebih segar dan lebih kencang, sehingga saat bertemu teman lama kita, terlihat bahwa kita itu seperti memiliki hidup yang sehat dan bahagia.