Sunday 14 December 2014

Cara Alami Mengatasi Demam Pada Bayi



Saat si kecil demam, biasanya untuk mengatasi bayi demam sebagian besar para orangtuan memberikan obat penurun demam. Sesungguhnya tak baik jika bayi hanya bergantung terhadap obat untuk mengatasi bayi demam, dibutuhkan metode alami untuk mengembangkan sistem imun bayi karena sebenarnya manusia dapat menyembuhkan dirinya sendiri tanpa perlu obat-obatan. Berikut beberapa cara alami untuk mengatasi demam pada bayi

Mungkin cara ini terdengar aneh dan unik untuk mengatasi demam pada bayi, namun  banyak ibu yang telah membuktikan keampuhannya.
  
1.      Menggunakan kaus kaki basah
Caranya sangat sederhana, pertama siapkan kaus kaki berbahan katun ukuran dewasa, lalu  basahi kaus kaki berbahan katun tersebut dengan air bersuhu normal. Lalu, bungkus kedua tumit si kecil dengan kaus kaki tersebut. Basahi kembali kaus kaki jika itu telah mengering.

Biasanya, si kecil akan merasa tidak nyaman dengan adanya kaus kaki pada tumit mereka. Namun seiring dengan menurunnya suhu tubuh, bayi akan mulai merasa nyaman. Metode ini bisa menjadi salah satu alternatif pilihan selain mengkompres dahi bayi saat demam

2. Menggunakan minyak zaitun
Caranya gunakan minyak zaitun yang asli yang dijual pasaran, karena banyak minyak zaitun yang dijual tercampur oleh bahan-bahan lain. Minyak zaitun dibalurkan ke seluruh tubuh si kecil pada malam hari. Setelah proses pembaluran selesai, pakaikan baju berbahan katun pada si kecil dan selimuti bayi dengan selimut yang tidak terlalu tebal untuk menjaga bayi agar tetap hangat. Pada keesokan paginya, kita bisa memandikannya dengan air hangat untuk membersihkan sisa-sisa minyak zaitun semalam.

Sangat penting dalam menggunakan metode-metode ini untuk memberikan cairan yang cukup dan selalu menjaga bayi tetap hangat dan bersih selama demam berlangsung. Dengan begitu, demam pada bayi akan segera hilang dalam satu atau hari.