Sunday 18 January 2015

Wow, Ternyata Lemak Bisa Dikeluarkan Lewat Pernafasan

Apa yang ada dalam pikiran kita jika ada pertanyaan gimana cara mengeluarkan lemak dalam tubuh ? Pasti beberapa orang menjawab sauna, sedot lemak, sedot lemak di sauna. Bermacam-macam jawaban, tapi tahukah ternyata kita dapat mengeluarkan 80% lemak dari hidung kita melalui sistem pernafasan.


Penelitian Ruben Meerman dan Andrew Brown dari University of New South Wales dari Australia yang dilansir oleh dailymail memberikan fakta mengejutkan bahwa 80% lemak yang ada dalam tubuh manusia dapat keluar melalui hembusan nafas. Metabolisme lemak di dalam tubuh kita terdapat trigliserida. Trigliserida adalah jenis lemak dalam darah dimana jenis lemak ini terdiri dari 3 molekul utama yaitu karbondioksa, hydrogen dan oksigen, dimana trigliserida ini akan meluruhkan lemak melalui proses oksidasi yang terjadi saat kita bernafas

Para peneliti menemukan metabolisme lemak ketika bernafas, 10 kg lemak dioksidasi kemudian 8,4 kg lemak keluar dari paru-paru dalam bentuk karbondioksida. Sedangkan sisianya (1,6 kg) menjadi air (H2O). 

Perhitungan ini menujukkan bahwa setiap oksigen yang dihirup untuk proses metabolisme itu memiliki berat 3 kali lipat dari disbanding lemak yang dikeluarkan. Pemahaman sederhananya adalah semakin banyak dan cepat kita mengeluarkan nafas akan meluruhkan karbon di dalam lemak lebih banyak sehingga lemak yang keluar seiring dengan hembusan nafas. Hembusan nafas yang banyak dan cepat dapat didapat dengan cara aktivitas fisik seperti berolahraga.