Sunday 18 January 2015

Wajib Tahu, Kenalilah Gejala Awal Kanker pada Anak

Anak-anak adalah usia yang rentan terkena kanker leukemia, bahkan statistic menunjukan bahwa 60-70% kanker yang diderita anak-anak adalah leukemia. Penyakit kanker darah atau leukimia merupakan penyakit sel ganas yang berasal dari sumsum tulang. Bagaimana cara mendeteksi kanker ini sedini mungkin ? Simak ulasan berikut

Ada beberapa gejala awal leukemia pada anak di antaranya wajah mereka pucat, lemas, rewel dan nafsu makan berkurang. Dan perlu waspada jika anak kita suka demam tanpa sebab yang jelas (deman berkepanjangan walau telah diobati dengan obat warung)

Gejala lainnya adalah anak-anak sering mengalami kejang hingga pingsan, dan terjadi pendarahan pada kulit atau pada gusi anak. Tanda lainnya adalah si anak lebih senang digendong atau mereka malas berdiri dan berjalan sendiri.

Jika menemukan tanda-tanda itu segeralah bawa ke dokter spesialis anak. Proses penyembuhan membutuhkan waktu yang cukup lama bahkan umumnya seorang dinyatakan sembuh setelah pengobatan diberikan selama 10 tahun, anak-anak diharuskan mengikuti kemoterapi dan diberi obat anti muntah dan anti nyeri supaya sel kanker tak menyebar ke seluruh tubuh.