Wednesday 28 January 2015

Sisi Positif Dari "Kepo"

Rasa penasaran, ingin tahu berlebihan adalah arti kepo, tindakan manusiawi yang ingin mendapat informasi lebih. namun terkadang sisi buruk dari kepo adalah merasa risih dan seperti merasa diawasi oleh orang lain yang dialami oleh seseorang yang di"kepo"in, tapi ternyata ada sisi baiknya dalam dunia medis. Apakah itu ? Kepo...

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Profesor Charan Ranganath, seorang peneliti dari University of California mengatakan bahwa "kepo" atau rasa ingin tahu yang berlebihan dapat meningkatkan daya tangkap seseorang, sehingga bisa dikatakan dapat meningkatkan kecerdasan seseorang jika yang ditangkap adalah informasi yang berguna.

Penelitian ini menggunakan tes MRI, dimana sekelompok orang diberikan beberapa pertanyaan soal pengetahuan umum, namun ketika mereka diberikan pertanyaan yang tidak mereka bisa jawab dan membuat mereka penasaran, hasil scan MRI menujukan bahwa neuron-neuron di dalam otak menjadi lebih lebar dan terbuka untuk memasukkan dengan informasi-informasi baru.

Hasil tersebut efeknya sama seperti ketika kita mendapatkan uang dari seseorang atau seperti kita memakan makanan yang ternyata rasanya enak.

Hasil ini menunjukkan bahwa jika kita atau orang lain (anak, adik, keponakan, dan lain-lain) ingin lebih pintar, maka tumbuhkan dulu rasa penasaran kita atau mereka dengan membuat pertanyaan yang bikin mereka penasaran atau "kepo", sehingga segala ucapan atau ajaran kita dapat sampai dan tersimpan dalam otak mereka.